KUNJUNGAN KE IDX (BURSA EFEK INDONESIA)

April 29, 2012

Pada hari selasa 24 april 2012 kemarin, semua anak-anak jurusan Administrasi Bisnis termasuk aku mengadakan kunjungan ke kantor IDX yaitu kantor sahan atau bursa efek yang menyediakan pasar saham.

Rencana awal kami berangkat pukul 09.00 tapi karena ada sebagian yang mengikuti kuliah pagi maka waktu berangkat dimundurkan sehingga kami berangkat pukul 10.00 pagi, sambil menunggu dosen ku menyuruh kami masuk kelas, aku kira sih beliau akan memberikan sedikit pelajaran tentang saham, eh enggak tau nya ngajak kami untuk nonton video lucu, kata beliau sih, “sebagai refreshing”. 1 jam kami disuguhkan video lucu itu yang menurut aku sangat ekstrim untuk ditiru.

Waktu keberangkatan pun tiba, semua mahasiswi ikut mobil kampus, 3 orang dosen ikut mobil kajur administrasi bisnis, aku ikut motor teman ku, bisa lebih cepat sampainya.

Sampai di IDX, ku lihat suasananya sunyi, padahal udah jam 10 lewat, kami pun masuk, saat masuk di sebelah kanan ku lihat di layar monitor daftar saham-saham meskipun aku enggak ngerti paling enggak aku tau kalau itu adalah saham.

Turun dari lantai atas ku lihat pegawai disitu perempuan keturunan tionghoa yang cantik mempersilahkan kami untuk naik ke lantai tiga. Sampai di lantai 3 aku sadar bahwa di kantor ini cuma ada 3 karyawan, 1 mbak tionghoa yang menjadi pemateri kami, 1 lagi mbak yang ada di lantai 2, dan mas OB, terlintas di pikiran ku “apa kerja disini enggak terlalu banyak yang dikerjain ?”

Penyampaian materi oleh mbak nya bagus banget tapi sayang banyak istilah dalam dunia persahaman yang enggak dijelasin, hasilnya banyak yang enggak ngerti dengan istilah yang disebutkan mbak nya, tapi over all bagus banget penyampaiannya dari yang enggak tau sama sekali saham itu gimana menjadi sedikit tau tentang saham meskipun enggak sehebat mbak nya. Ku akui mbak nya itu hebat banget dalam saham, dia tau segalanya tentang perusahaan yang sudah membukakan sahamnya, friendly banget juga sama kami.

Disana juga ada wartawan dari salah satu tv swasta Banjarmasin yang meliput kami semua, saat seminar berakhir wartawan itu mewawancarai ketua kampus ku, dan mewawancarai salah seorang teman ku yang tidak tepatnya aku kebetulan berada di belakang dia, jadi deh aku juga ikut masuk liput. Namun aku enggak sempat liat liputan beritanya di tv, padahal pengen banget liat liputannya.

Ternyata perlu juga untuk memahami tentang sahan dan lainnya bagaimana sistem dan caranya, ada rasa keinginan lagi untuk kembali ke kantor IDX meskipun hanya sekedar kunjungan.

Kunjungan selanjutnya akan ke Bank Mandiri dan Kalimantan Post, waktunya belum ditentukan sih karena kami harus melaksanakan mid test yang tertunda karena kunjungan itu. Semoga akan dapat lebih banyak ilmu lagi di kunjungan-kunjungan berikutnya.

H2O

You Might Also Like

3 comments

  1. mantab, 100% original nih postingannya, keep posting sob.. salam blogger banua :)

    ReplyDelete
  2. terimas kasih.. :)
    salam bloger banua..

    ReplyDelete