BLOG SEBAGAI REFERENSI

February 05, 2018

Picture by pixabay.com


Blog sebagai referensi mungkin sudah sering kita temui, bahkan kita sendiri pun melakukan hal itu. Banyaknya mahasiswa yang diharuskan membuat tugas makalah dan banyaknya mahasiswa yang ingin “mudah” menyelesaikan makalahnya, sehingga mencari jalan cepat mencari referensi dengan mengambil sumber dari blog. Selain itu perlunya informasi cepat dari masyarakat sekarang ini menjadikan blog sebagai tempat informasi yang utama tersebut.


Blog yang gratis dalam pengelolaannya membuatnya mudah untuk diakses, sehingga tidak jarang banyak oknum yang memanfaatkan blog untuk menyebar informasi hoax atau isu yang tidak bisa dipertanggung jawabkan.

Blog sebagai referensi tidak hanya di bidang akademik tapi dalam bidang apapun, menjadikan para blogger harus benar-benar membuat dan menjaga konten blog mereka agar sesuai etika, menarik untuk dibaca, menarik netizen untuk berkunjung, dan selalu ditunggu update dari postingan blognya.

BACA JUGA: BERETIKA DALAM BLOG

Ada banyak sekali blog yang berkonten menarik, baik dari segi tema blog, isi tulisan, karakter penulisan di setiap tulisannya.

Di bawah ini saya akan membahas beberapa blog yang menurut sangat menarik dari segi konten tulisan dan bisa dikatakan blog yang selalu ditunggu (oleh saya) tulisan terbarunya. Let’s Read!!!


1.    radityadika.com

Picture by mediaindonesia.com

 

Siapa yang tidak kenal dengan sosok blogger, penulis, sutradara, dan pemain film ini. Tidak bisa dipungkiri, Raditya Dika sedikit banyaknya melalui blognya menginspirasi anak-anak muda Indonesia untuk mulai nge-blog. Ada banyak orang yang memulai nge-blog setelah berkunjung atau membaca blog Raditya Dika. Meskipun blog Raditya Dika berupa cerita sehari-hari dan pengalaman tapi dengan konten komedi membuat blognya banyak dikunjungi. Dan kemudian menular ke banyak anak-anak muda untuk mulai menulis di blog.

Sangat disayangkan, untuk sekarang radityadika.com sedang dalam tahap maintenance sehingga tidak bisa diakses. Mungkin juga Radit sedang sibuk dalam karir menulis buku dan filmnya.


2.    sophiamega.com



Sebenarnya saya belum lama tahu dengan blog dari Sophia Mega ini, itu juga karena tidak sengaja saat melihat channel YouTube-nya yang di video tersebut dia membahas cara membangun konten untuk blog. Karena kepo, saya lalu mencari apa dia punya blog atau semacamnya. Dan saya menemukan sophiamega.com yang ternyata sudah ada lebih dulu daripada YouTube-nya.

Yang membuat saya tertarik dengan blognya karena konten di dalamnya yang membahas seputar Kopi dan Buku. Itulah karakter dan tema blog yang dipilih oleh Sophia Mega. Kebetulannya saya juga penggemar kopi, jadi bisa terpuaskan dengan informasi mengenai kopi yang di tulis oleh Sophia Mega.

Bagi kalian pecinta buku, juga rekomen untuk berkunjung ke blognya. Karena dia juga sering menulis review buku-buku yang dibacanya, sehingga bisa menjadi referensi tambahan mengenai buku-buku yang bagus untuk dibaca.


3.    majalah.ottencoffee.co.id



Meskipun berbentuk web, tapi segi tulisan sangatlah asik dan santai untuk dibaca. Majalah Otten ini turunan dari toko online Otten Coffee, tapi informasi dan gaya bahasa dari setiap tulisan di dalamnya tidak menggambarkan jika Majalah Otten bukan sekedar untuk komersil belaka. Tapi menjadi seperti buku bagi kalian para pecinta kopi. Karena di dalamnya terdapat tips dan trik bahkan metode penyeduhan kopi, event besar yang sedang berlangsung, kedai-kedai kopi yang rekomen untuk dikunjungi, resep kopi, dan berita seputar dunia kopi ada di Majalah Otten ini.

Jadi, bagi kalian pecinta kopi harus berkunjung dan membaca setiap tulisan di Majalah Otten ini. Karena akan menambah wawasan kalian dalam dunia kopi.


4.    kadekarini.com



Untuk blog satu ini saya benar-benar baru tahu dan baru nemu. Itu juga karena diberi tahu oleh teman saya. Dari yang saya baca, Kadek Arini seorang travel blogger yang menulis setiap perjalanan wisata dan adventure-nya baik di Indonesia maupun di luar negeri.

Tidak hanya tulisannya yang asik dibaca, juga foto-fotonya sangat keren untuk dilihat. Menjadi sebuah perpaduan yang sangat pas ketika tulisan yang bagus ditambah dengan foto yang keren.
Selain bikin iri dari segi penulisan dan foto yang keren sekali, Kadek Arini juga bikin iri saat bisa travel keliling Indonesia bahkan travel ke luar negeri. Iri ‘kan ya?


5.    rezkinurpratiwi.com



Ini dia salah satu blogger dari kota Banjarmasin, ya meskipun masih banyak blogger yang keren juga dari Banjarmasin. Sebenarnya juga masih satu komunitas dengan Rezki sebagai Blogger Banjarmasin tapi belum pernah bertemu saat kopdar komunitas.

Dengan cerita kesehariannya yang sedang kuliah di Perancis, menurut saya sangat asik membaca setiap tulisan dari Rezki ini. Ketika membaca kita seperti sedang diajak keliling di sekitaran kampusnya dan juga lebih mengenal seperti apa kehidupan kalau mau kuliah di Perancis.

Jika di film kita pernah menonton film Rudi Habibie yang menceritakan kehidupan kuliahnya di Jerman, begitu juga dengan Rezki dalam blognya. Bedanya, Rezki menceritakan kehidupannya di Perancis dan dia berasal dari Banjarmasin. Keren nggak tuh?

Blog Rezki ini juga bisa menjadi referensi bagi kalian yang ingin dan berencana untuk melanjutkan kuliah di luar negeri.




Selain lima blog di atas, masih banyak blog-blog lainnya yang juga keren dan asik untuk dibaca. Jika ditanya BLOG FAVORITMU apa? Bingung juga akan menjawab apa. Karena bagi saya relatif untuk menyukai sebuah blog. Ada banyak manfaat, kelebihan, dan kekurangan dari setiap blog. Mungkin untuk sekarang belum menemukan mana blog yang menjadi favorit tapi membaca setiap blog dengan konten yang menarik, yang bagus, menurut saya lebih baik sebagai bentuk apresiasi dari setiap karya para Blogger Indonesia khususnya Blogger Banjarmasin.


Jika kalian mencari informasi dan Karya Anak Banua silakan klik saja link yang tertera untuk menambah wawasan, referensi, dan informasi kalian.


Sebagai penutup, sebaiknya kita menggunakan blog untuk menghasilkan karya, berbagi pengalaman, berbagi ilmu, dan berbagi informasi yang bukan hoax. Karena blog memang tidak diperuntukan dan tidak diciptakan untuk berita hoax, konten yang berbahaya, juga bukan alat politik dengan konspirasi jahat yang bertujuan untuk kepentingan individu tertentu saja.



Karena blog tempat untuk berkarya, menulis, dan berbagi.






-H2O-



 Tulisan ini diikutsertakan dalam:







You Might Also Like

0 comments