RUMAH SAKIT DAN KEBERSIHAN

January 24, 2014

Sakit adalah isyarat dari Tuhan kepada manusia untuk mengistirahatkan tubuhnya. Sakit sebenarnya suatu hikmah baik bagi penderitanya maupun bagi orang lain, karena mengingatkan kita bahwa tubuh manusia mempunyai batas.

Berbicara tentang sakit tidak terlepas dari rumah sakit, tempat di mana orang sakit menjadi lebih sakit saat bayar terutama sakit hati. Hari minggu tanggal 19 januari 2014 saya menjenguk rekan kantor yang sedang sakit, beliau terkena serangan jantung. Pada saat masuk rumah sakit saya sedikit terkejut karena halaman di depan kamar pasien banjir. Jika rumah sakit dengan keadaan seperti itu menunjukkan tempat tersebut tidak higenis untuk pasien, pertanyaannya adalah kenapa drainasenya tidak berfungsi normal ? Hal itu membuat pelayanan rumah sakit kesannya kurang bagus. Tujuan dari rumah sakit adalah tempat penyembuhan pasien, tapi jika rumah sakitnya tidak higenis tidak menutup kemungkinan pasien terkena penyakit lain lagi.

Kemudian pada tahun 2012 yang lalu saat menjenguk kakek saya, saya menginap di sana dan betapa terkejutnya saya mendapati banyak tikus yang berkeliaran bahkan ukuran tikusnya besar-besar dan yang lebih mengejutkan lagi kucing yang ada di situ tidak berani mendekati tikus-tikus itu. Setelah pagi saya lihat keadaan lingkungan sekitar kamar kakek saya dirawat, ternyata selokannya sangat kotor dan berbau pantas saja tikus-tikusnya sebesar itu.

Pelayanan prima yang diberikan rumah sakit bukan hanya dari cepatnya penanganan dan pemeriksaan teratur tetapi juga dari segi kebersihan lingkungan sekitar kamar pasien terutama untuk kelas bukan VIP atau VVIP. Karena yang bukan hanya orang-orang kaya saja yang sakit.

Saya bingung kenapa kebersihan lingkungan sekitar kamar non VIP seperti tidak diperhatikan ? Bukankan rumah sakit memiliki petugas kebersihan yang sudah memiliki tugas dan tanggung jawabnya. Yang seharusnya dilakukan pembersihan berkala pada selokan, drainase dan lingkungan sekitar kamar pasien.

Setelah saya melihat itu semua, tidak heran jika banyak pasien yang lebih memilih untuk pulang dan tidak betah di rumah sakit. Menurut saya kebersihan rumah sakit sangat penting mengingat tujuan orang ke rumah sakit adalah berobat dan untuk sembuh, percuma dokter dan perawatnya menggunakan masker tetapi lingkungan sekitar tidak higenis. Rumah saja harus dijaga kebersihannya, kenapa rumah sakit tidak ?


-H2O-

You Might Also Like

1 komentar