HARI PERTAMA MAGANG

July 02, 2012

Senin tanggal 2 juli 2012 hari pertama gue magang atau bahasa kerennya Praktek Kerja Organisasi (PKO), gue magang di PT PERTANI (PERSERO) wilayah Kalimantan yang berlangsung sampai dengan tanggal 7 september 2012. Kenapa milih magang disitu ? Karena ada teman gue yang bekerja disitu jadi kemarin lebih mudah ngurusnya untuk magang disitu dan lebih enak jika mencari teman ngobrol atau kalau gue enggak tau harus kemana bisa nanya ke dia.

Pagi harinya gue bangun seperti biasa yang berbeda cuma tempatnya karena dari hari kemarin gue resmi kost di rumah teman gue. Setelah mandi gue langsung mempersiapkan pakaian yang dipakai buat magang, seperti pada umumnya anak magang itu memakai hem putih dan celana panjang hitam (meskipun sampai sekarang gue gak tau kenapa harus berpakaian seperti itu), dengan perut kosong belum sarapan gue berangkat. Sekitar 5 menit kurang gue sudah sampai ke PT PERTANI karena memang rumah teman gue cukup dekat.

Saat gue datang kantor masih sepi hanya ada satu orang karyawan yang gue tau setelahnya dia alumni di SMK yang sama dengan gue. Bingung mau mengerjakan apa, gue dekatilah dia dan baru gue dekati dia langsung menyuruh untuk menyapu kantor, untungnya kantor gak terlalu besar jadi serah terima sapu pun berlangsung dengan happy.

Sekitar 10 menit selesai menyapu mulailah karyawan berdatangan dan gue pun berkenalan dengan sebagian karyawan, proses perkenalannya pun berlangsung dengan seksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya (loh kok kayak baca proklamasi ya).

Sambil nunggu pembimbing gue datang, gue ngobrol-ngbrol dulu dengan karyawan-karyawan, dari yang muda seumuran dengan gue sampai yang paling tua. Sebut saja nama bapak itu Bapak H, beliau bekerja di bagian koperasi umurnya sekitar 60-an deh. Saat asyik ngobrol beliau nanya ke kami, “kalian tau gak apa kepanjangannya BATAK itu ?” kami yang ditanya bingung penuh pertanyaan hanya bertanya kembali “kepanjangannya apa pak ?” Beliau pun menjawab, “BATAK itu kepanjangannya ‘Banyak Akal Tak Akan Kelaparan’,” pantes aja banyak orang batak yang jadi pengacara.

Lalu juga beliau cerita, “baru-baru ini di kebun binatang disini mendatangkan harimau, ular, dan badak, langsung dari jawa, harimaunya 2 ekor, ular 3 ekor, dan badak 1 ekor. Nah itu mereka lagi buka lowongan kerja, gaji bulan pertamanya 2 juta lalu 3 bulan berikutnya menjadi 15 juta,” karyawan disitu termasuk aku serius mendengarkannya apalagi mendengar gaji yang banyak seperti itu, lalu ada yang nanya, “beneran pak, kerjaannya apa ?” terus beliau jawab dengan muka serius, “beneran, kerjaannya gosokin gigi harimau sampai bersih dan nyisirin bulunya harimau.”

Beliau berpindah tempat duduk lalu bercerita lagi, “dengar-dengar disini ada membuka lowongan lagi,” menunjuk salah satu karyawan sebut saja Si D, “teman kamu nyari kerjaan kan ? cocok nih kerjaannya,” si D nyahut, “di bagian apa pak ?” dengan tanpa ekspresi beliau menjawab, “di bagian pembersihan gudang.”

Tanpa diketahui ternyata pembimbing gue telah datang sebutlah Bapak S, jadi tepat jam 10 aku naik ke lantai 2 ke ruangan beliau. Saat masuk gue langsung disuruh oleh beliau untuk membaca Standar Operasional Prosedur (SOP) dan Sitem Informasi Manjamen (SIM) dari PT PERTANI yang cukup tebal bukunya. Sambil membaca gue ngobrol-ngobrol juga dengan beliau sampai-sampai aku dikasih pengetahuan, ilmu, dan informasi mengenai pemasaran di PT PERTANI.

Dan disaat makan siang diberi nasi padang karena sedang ada kegiatan penginputan data yang juga dihadiri dari wilayah lain, sehingga pihak konsumsi menjadikan nasi padang kotakan sebagai makan siangnya, pas banget gue belum sarapan paginya dan lebih hemat enggak perlu keluar uang buat makan di luar.

Semoga PKO ini bisa gue jalani dengan maksimal sehingga hasilnya bisa gue jadikan bahan skripsi dan dalam prosesnya nanti berjalan lancar. Aamiin.



H2O

You Might Also Like

0 comments