KENAPA MATEMATIKA DAN FISIKA DIANGGAP SULIT ?

July 30, 2009

Pelajaran Matematika dan Fisika adalah dua mata pelajaran yang paling ditakuti dan sangat tidak disenangi oleh para pelajar, namun tidak sedikit pelajar atau orang yang menyukai pelajaran tersebut, padahal matematika dan fisika selalu digunakan dalam kehidupan sehari-hari kita. Sebenarnya dua pelajaran itu sangat mengasyikan kalau kita pahami, itu dikarenakan dalam dua pelajaran tersebut menggunakan angka-angka, lambang-lambang yang unik dan rumus-rumus. Namun hal itu tidak dirasakan oleh beberapa pelajar di Indonesia, Kenapa ? Di sini saya akan membagi pengalaman saya saat masih duduk di bangku sekolah bagaimana memahami pelajaran Matematika dan Fisika.

Hal pertama agar kita bisa memahami pelajaran adalah jangan berpikir pelajaran itu sulit. Apabila sebelum belajar kita sudah berpikir seperti itu maka kita tidak akan memahaminya sedikit pun. Buang jauh-jauh hal tersebut karena itu akan membunuh diri kita sendiri.

Hal kedua adalah suasana. Baik itu suasana hati dan diri kita atau suasana lingkungan kita belajar. Carilah tempat yang sesuai dengan suasana hati kita, buat suasana lingkungan sekitar kita sesuai dengan hati kita.

Hal yang ketiga adalah guru atau pengajar pelajaran tersebut. Menurut hal ini sangat penting sekali untuk kita bisa memahami dua pelajaran itu. Berdasarkan pengalaman saya ada beberapa kriteria guru agar siswa lebih memahami pelajaran ,
1. guru yang mengetahui dan mengerti keadaan siswa saat menerima pelajaran,
2. guru yang membaur dengan siswa maksudnya guru seolah-olah menjadi teman bagi siswa bukan menjadi orang lain sehingga siswa lebih mudah bertanya dan akan cepat memahaminya,
3. memberikan pelajaran tidak dengan emosi. Siswa sangat tidak menyukai guru yang selalu emosi oleh sebab itu banyak siswa yang tidak menyukai pelajaran karena gurunya yang selalu emosi saat mengajar.
4. Mengajar secara bertahap dan mengetahui kemampuan siswa.

Hal yang keempat adalah bertanya atau belajar bersama dengan teman yang lebih pintar. Karena melalui cara ini kita lebih mudah dan lebih leluasa dalam belajar hingga akhir kita bisa memahami pelajran itu.

Hal yang kelima adalah kembali mengulang pelajaran yang sudah didapat. Baik dilakukan sendiri dirumah atau belajar kelompok. Saran saya carilah tempat dan waktu yang tenang agar kita dapat belajar dengan baik.

Hal yang keenam adalah perbanyaklah berlatih dengan soal-soal. Karena dengan hal itu kita dapat memahami dan menghafal semua rumus yang ada.

Namun semua itu harus didasari oleh niat, tanpa niat kita tidak akan berhasil. Semoga dengan pengalaman saya ini kita semua memahami dan menyukai Matematika dan Fisika.

You Might Also Like

0 comments