IKAN GABUS YANG MENGERIKAN

August 15, 2009

Ikan apakah yang sangat mengerikan atau yang sangat ganas di perairan ? Mungkin kita akan menjawab ikan Piranha dan Ikan Hiu. Tapi ternyata masih ada ikan yang tidak kalah ganasnya ikan tersebut adalah Ikan Sneakhead.

Informasi ini saya dapat dari radio, yang pada saat itu kebetulan membahas tentang ikan Sneakhead ini. Dan di sini saya akan sedikit bercerita mengenai ikan tersebut.

Ikan Sneakhead atau di Amerika lebih dikenal dengan nama Ikan Frekenfish. Mungkin kita pernah mendengar nama tersebut dari sebuah film yang berjudul “Frekenfish” di mana di film itu berceritakan ikan rawa yang sangat besar dan mengerikan, dan faktanya hamper sama dengan filmnya itu.

Ikan Sneakhead adalah ikan yang hidup di air tawar, ia memakan apapun yang terlihat olehnya dan bahkan dilaporkan telah membunuh manusia. Kehebatan ikan adalah mampu merayap di daratan dan bertahan hidup tanpa air hingga 4 hari. Dari segi fisik Frekenfish ini apabila sudah dewasa panjangnya mencapai 90 cm dan memiliki berat 20 kilogram.

Dari manakah asal ikan ini ? Percaya atau tidak ikan Sneakhead ini bersal dari Asia Tengggara dan tepatnya di Negara Indonesia, saya pun sedikit tidak percaya. Di Indonesia ikan Sneakhead atau Frekenfish dikenal dengan nama Ikan Gabus atau orang Banjarmasin menyebutnya Ikan Haruan. Frekenfish adalah salah satu varian dari Ikan Gabus tersebut. Itu terlihat dari bentuk fisik yang sama namun Frekenfish memiliki gigi yang lebih tajam.

Kenapa diberi nama Sneakhead ? Mungkin itu terlihat dari bentuk kepala yang mirip dengan kepala ular anaconda.

Saya pernah mendengar cerita dari orang dahulu bahwa ular anaconda itu sebenarnya Ikan Gabus yang terpendam di dalam tanah dengan waktu yang sangat lama. Benar atau tidaknya itu hanya Tuhan yang tahu.

Sekian dulu sedikit informasi dari saya mungkin diantara kalian ada yang lebih mengetahui tentang Ikan Sneakhead atau Frekenfish tersebut bisa memberikan komentarnya.

You Might Also Like

0 comments