HARUSKAH ANGGARAN PENDIDIKAN 20% DIPENUHI ?

December 07, 2008

Pendidikan sangat penting dalam hidup ini, tanpa pendidikan kita buta, tanpa pendidikan kita tidak dapat merdeka, dan salah satu tujuan Negara Indonesia adalah mencerdaskan kehidupan bangsa dengan cara mekasanakan pendidikan. Nah, yang menjadi pertanyaan adalah apakah pendidikan Indonesia saat ini sudah maju atau bahkan malah merosot ?
Terlihat dari tingkat kelulusan Ujian Nasional seperti setiap angka ketidaklulusan semakin tinggi, apa yang menyebabkan seperti itu apakah dana yang kurang dari pemerintah, atau kurikulum dan system pendidikan yang kurang baik ?. Kebanyakan orang atau hampir seluruh lapisan masyarakat mengatakan “pendidikan Indonesia tidak maju itu dikarenkan dan yang kurang dari pemerintah.
Coba kita lihat dalam APBN sekarang anggaran pendidikan untuk tahun 2008 adalah 17,4%, apakah itu belum mencukupi untuk membiayai pendidikan kita?, memang di dalam Undang-Undang tercantumkan anggaran untuk pendidikan adalah 20%. Tetapi apakah itu harus dipenuhi ? menurut saya itu tidak perlu dipenuhi pada sekarang ini.
Padahal untuk memajukan pendidikan Indonesia, untuk mencerdaskan kehidupan bangsa tidak harus dengan dana yang besar apalagi sekarang APBN kita dalam keadaan tertekan masih ada cara lain untuk mengatasinya, yaitu dengan cara selalu mengevaluasi kurikulum setiap tahunnya, memperbaiki struktur pendidikan. Saya beri contoh, ada anak orang kaya yang ingin bersekolah kemudian dia diberi uang oleh bapaknya sebesar Rp.10.000.000 untuk biaya sekolah, nah dengan uang sebanyak itu apakah anak tersebut bisa pintar, sukses ? itu tidak akan pernah terjadi, walaupun dia memiliki dana yang besar kalau dia tidak belajar, tidak bisa membagi waktu mana mungkin dia bisa lulus pada saat ujian dan itu membuktikan bahwa dan bukanlha satu-satunya cara untuk memjukan pendidikan.
Masih ada sector-sektor lain yang memerlukan dana lebih besar dari pendidikan yaitu sector social, sector industri, sector pertanian. Di sector social masih banyak orang-orang miskin yang tidak dapat makan dalam sehari, masih banyak orang-orang menganggur, apakah kita mau orang tua kita diPHK sehingga kita tidak bisa makan, kita tidak bisa bersekolah karena tidak memiliki uang?. Di sector industry masih banyak industry yang membutuhkan bantuan dan dari pemerintah untuk menghailkan produk yang berkualitas agar masyarakat membeli barang produk dalam negeri. Di sector pertanian, inilah sector yang memiliki peranan penting Negara Indonesia karena Indonesia Negara agraris, dimana komoditas utamanya adlah beras, apabila pertanian tidak dibantu maka nanti sedikit demi sedikit pertanian Indonesia akan mati dan ini berimbas pada Negara Indonesia. Jadi kita jangan menjadi orang yang egois yang hanya mementingkan diri sendiri padahal masih banyak orang lain yang membutuhkan bantuan. Marilah kita majukan pendidikan Indonesia dengan terus memperbaharui system pendidikan dan terus berkreasi agar dapat menciptakan masyarakat yang berkeprimanusiaan dan peduli sesama manusia.

You Might Also Like

0 comments