ADA APA DENGAN INDONESIA ?

November 08, 2008

Ada apa dengan Indonesia sekarang ini ? kalimat itulah yang pantas dikatakan oleh rakyat dengan keadaan saat ini. Indonesia sebagai negara yang kaya akan hasil alam, kebudayaan dan negara kepulauan yang luas tetapi itu hanyalah sebuah kata-kata yang tak dapat diwujudkan saat ini. Indonesia sekarang tidak seperti Indonesia yang dulu, jauh sekali perbandingannya terutama dari segi sosial, ekonemi, dan budaya.

Indonesia pada jaman kemerdekaan dari segi sosial, masyarakatnya bisa dikatakan sejahtera walaupun dulu sempat terjadi beberapa pemberontakan dan tuntutan rakyat kepada presiden Soekarno. Indonesia pada saat itu kehidupan mayarakatnya rata-rata hampir sama, kemiskinan tidak begitu banyak atau tingkat kemiskinan tidak tinggi karena dipengaruhi harga-harga barang masih murah. Tidak seperti sekarang kemiskinan merajalela dimana-mana, tingkat kemiskinan tiap tahun semakin tinggi sampai-sampai ada rakyat yang makan hanya satu kali sehari itu makan dengan nasi bekas dan terkadang tidak makan sama sekali. Begitu sengsaranyakah Indonesia sekarang ini? Kapankah kemiskinan itu akan berakhir ?.

Dari segi perekonomian, Indonesia jaman dulu lebih baik, ditandai dengan nilai rupiah yang tinggi yaitu satu rupiah sebagai nilai yang paling rendah dan harga sembako yang maih sangat murah sekali dibanding dengan sekarang. Kemudian keadaan itu berbalik sekali dengan sekarang, dimana nilai tukar dolar Amerika sekarang sangat tinggi yaitu sekitar Rp 9000,- lebih, nilai tukar tersebut hampir tidak pernah turun. Buruknya perekonomian saat ini tidak lepas dari para pejabat yang duduk di pemerintahan, karena banyaknya korupsi, kolusi, dan nepotisme yang berawal di masa orde baru di bawah kepemimpinan Soeharto, karena di masa itulah KKN terjadi besar-besaran bahkan terjadi sampai sekarang, kemungkinan korupsi tidak akan pernah habis karena sudah mendarah daging di negara Indonesia, saya tambahkan disini sebuah kalimat yaitu, seorang anak tidak akan melakukan suatu perbuatan sebelum melihat perbuatan orang tuanya.

Dari segi budaya, Indonesia sekarang sudah banyak berubah yaitu masuknya kebuadayaan barat yang tidak terkendali. Contoh dari kebudayaan barat tersebut yang sekarang merajalela adalah pergaulan. Indonesia sebagai negara yang berbudayakan timur sekarang sudah berubah menjadi budaya barat, namun budaya barat yang berkembang bukanlah budaya yang bermanfaat melainkan budaya yang buruk, diantanya yang pertama adalah pergaulan bebas yang berkiblatkan negara barat, dan sekarang para generasi muda dalam pergaulannya sudah tidak bisa membedakan mana yang baik dan mana yang merugikan, contohnya adalah maraknya penyalah gunaa narkoba. Akibat dari narkoba tersebut sudah banyak terjadi salah satu diantaranya menyebarnya penyakit HIV/AIDS yang sekarang sudah merajalela terutama dikalangan kaula muda. Bagaimana nanti jadinya negara Indonesia dengan para pemuda sekarang sebagai penerus bangsa, apakah akan maju ataukah akan hancur sehancur-hancurnya, tanyakan saja pada diri kita sendiri ?

Dari segi sosial, apakah kehidupan masyarakat Indonesia sekarang sudah terjamin ? Menurut saya tidak masih banyak rakyat yang belum sejahtera hidupnya, walaupun sekarang pemerintah memberikan Bantuan Langsung Tunai(BLT) tapi itu sepertinya tidak menjadi solusi yang tepat karena banyak orang yang meninggal dunia hanya untuk mendapatkan BLT yang tidak seberapa besarnya. Kehidupa sosial lainnya yang terkadang terlupakan adalah bagaimana kehidupan para veteran kita yang sudah berjuang mati-matian untuk Indonesia, dari sebagian besar yang masih hidup kehidupan meraka tidaklah menyenangkan bahkan lebih menyedihkan daripada jaman penjajahan dulu. Mereka dianggap seperti bukan pahlawan tidak ada kehormatan dan kesejahteraan yang mereka terima melainkan kesengsaraan, mereka tinggal disebuah rumah kecil seperti sebuah gubuk seperti halnya seorang pemulung atau gelandangan. Seolah-olah pemerintah tidak mengenal mereka dan tidak menghiraukan keberadaan mereka, seharusnya mereka diberi kehidupan yang layak, kehidupan yang bahagia di masa tua mereka sebagai hadiah karena mereka telah memerdekakan negara Indonesia ini tetapi pemerintah tidak memikirkan hal itu karena hanya memikirkan kehidupan diri sendiri.

Sekarang ini di Indonesia masih terlaksana Imperialisme walaupun sudah dalm keadaan merdeka yaitu imperialisme dalam bidang ekonomi. Contoh imperialisme sekarang ini adalah di provinsi Irian Jaya yang merupakan provinsi terkaya dengan hasil tambang yang melimpah terutam emasnya yang begitu banyak, akan tetapi kekayaan itu tidak membuat kehidupan rakyat sejahtera melainkan semakin keterbelakang. Keterbelakangan mereka dikarenakan kekayaan yang terus dikeruk tanpa ada hasil bagi Irin Jaya maupun bagi negara Indonesia karena apa ? Itu dikarenakan adanya perusahaan PT. FREEPORT yang dijalnkan oleh orang luar negeri, seharusnya perusahaan tersebut dijalankan oleh orang pribumi sehingga kekayaan tersebut diambil dan dimanfaatkan oleh negara barat yang terlibat dalam perusahaan tersebut.

Pernah ada seorang penduduk yang tinggal dekat dekat penambangan, hanya mengambil potongan kecil dari emas tersebut langsung ditangkap oleh pihak yang berwajib, seharusnya penduduk-penduduk disana diperbolehkan untuk mengambil sebagian dari hasil tambang karena kekeyaan tersebut juga kekayaan mereka, padahal dulunya Irian Jaya dipertahankan oleh bansa Indonesia dari bangsa luar yang ingin menambil wilayah tersebut.Akankah rakyat Irian Jaya semakin terkebelakang dan terpuruk ? Semoga itu tidak terjadi di masa yang akan datang, semoga negara Indonesia semakin maju, jaya, makmur, sejahtera, dan disegani di dunia.

You Might Also Like

0 comments