5 HAL UNIK DI HUT RI KE-72

August 21, 2017


 

72 tahun sudah Indonesia merdeka, 72 tahun sudah Indonesia lepas dari penjajahan di segi wilayah. Tapi apakah Indonesia sudah benar-benar merdeka? Saya rasa belum. Tapi di tulisan ini tidak akan membahas soal itu, yang terpenting sekarang bagaimana kita memaknai kemerdekaan itu sendiri. Selain seremonial dan upacara yang memeriahkan perayaan HUT Kemerdekaan Indonesia, ada juga beberapa hal unik yang ada dan terjadi pada perayaan HUT Indonesia tahun ini.


Berikut 5 hal unik yang terjadi di HUT RI ke-72 tahun ini:

1.    Logo dan Tema HUT RI

Setiap tahun memperingati HUT RI selalu diluncurkan logo yang berbeda yang dikeluarkan oleh Kementrian Sekretariat Negara.

Di tahun ke-72 Indonesia merdeka, Kementiran Sekretarian Negara mengeluarkan tema “Indonesia Kerja Bersama” dengan logo yang memiliki desain yang sangat keren dan unik menurut saya. Desain dari sebuah logo sangat penting karena dengan desain yang pas arti di balik logo itu pun bisa tersampaikan.

Sumber: Kementrian Sekretariat Negara

Dilansir dari Kementrian Sekretariat Negara mengenai arti dari logo HUT RI ke-72 adalah representasi dari semangat gotong royong untuk membangun Indonesia menuju masa depan yang lebih baik.

Makna dari angka ‘7’ dari logo HUT RI 72 merupakan simbolisasi dari sebuah anak panah yang melambangkan dinamisme pembangunan yang berorientasi ke masa depan positif.
Sedangkan makna dari angka ‘2’ yang merangkul angka ‘7’ pada logo HUT RI 72 merupakan perlambangan dari asas kebersamaan dalam bekerja membangun Indonesia dan mencapai target yang telah direncanakan.

2.    Paskibra

Siapa sih yang tidak bangga saat menjadi anggota dari Paskibra saat upacara kemerdekaan. Apalagi upacara di Istana Negara, tentunya menjadi sebuah kebanggaan yang tidak bisa tergantikan.

Ada kejadian unik yang dialami Paskibra di Kecamatan Sebulu, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Dilansir dari merdeka.com, bahwa sejak pagi hari sebelum upacara dimulai hujan mengguyur kawasan Sebulu yang membuat lapangan upacara menjadi becek. Meskipun lapangan becek para paskibra tetap semangat dan melaksanakan tugasnya dengan baik. Alhasil pakaian mereka berlumuran dengan lumpur, bahkan ada sepatu di antara anggota Paskibra yang tertinggal di lumpur.

Sumber: merdeka.com

Melihat semangat Paskibra tersebut, sontak menjadi viral di media sosial. Berbagai apresiasi dilontarkan para netizen.
Para menteri kita punya semangat seperti itu juga enggak, ya?

3.    Doa untuk Presiden

Dalam sidang bersama MPR, DPR, DPD pada 16 Agustus 2017 menjadi viral di media sosial. Bukan mengenai keputusan para menteri atau ada menteri tidur, melainkan doa yang diucapkan oleh Bapak Tifatul Sembiring.

Dilansir dari news.detik.com, yang mana dalam doanya tersebut terdapat kalimat “…gemukanlah badan beliau ya Allah. Karena kini terlihat semakin kurus.”

Sumber: news.detik.com

Mungkin tujuan doa beliau baik, mendoakan kesehatan Pak Jokowi yang tetap sehat mengurus negeri ini dan mengeluarkan keputusan-keputusan yang berpihak pada rakyat. Semoga para menteri tidak ‘lebay’ sehingga membawa perkara ini ke persidangan.

4.    Pengibaran Bendera Merah Putih Terbesar oleh TNI

Sebagai hadiah untuk HUT RI ke-72 para anggota TNI angkatan darat mengibarkan bendera merah putih terbesar di udara. Bendera tersebut dikibarkan saat terjun menggunakan parasut dan diikatkan di badan.

Sumber: youtube.com/watch?v=41ESPnEOD9o

Keren banget kan ya di langit Indonesia ada bendera Indonesia yang berkibar. Semoga bukan hanya seremonial aja, ya.
 

5.    Kemenangan Indonesia Melawan Filipina di Sea Games 2017

Pertandingan lanjutan Sea Games yang berlangsung pada 17 Agustus 2017 itu dimenangkan oleh Timnas Indonesia dengan skor 3-0. Uniknya ada hal-hal yang kebetulan terjadi pada pertandingan tersebut yang membuat kemenangan itu menjadi sebuah kado HUT RI ke-72 yang sangat berkesan.

Sumber: bola.com

Uniknya, kick off pertandingan tersebut tepat pada pukul 19:45 WIB, yang bermakna tahun kemerdekaan. Lalu, dua dari pencetak gol Indonesia merupakan pemain bernomor punggung 17 dan 8 yang bermakna tanggal dan bulan kemerdekaan. Dan salah satu gol yang berhasil dicetak terjadi di menit 45.

Memang kebetulan yang terjadi sangat ajaib dan sangat bertepatan dengan HUT RI ke-72, semoga saja kebetulan tersebut menjadi pemicu semangat Timnas Indonesia untuk bisa menjuarai Sea Games 2017 ini dan meraih emas.


Semangat kemerdekaan juga harus kita miliki sebagai rakyat, karena kemerdekaan negara ini bisa diraih berkat perjuangan rakyat Indonesia. Memang sekarang perjuangan bukan lagi dalam bentuk perang atau dengan mengangkat senjata, melainkan dengan kreatifitas yang bisa mengangkat nama Indonesia.

Salah satu bentuk kreatifitas yang bisa kalian tunjukan melalui tulisan. Loh, memangnya tulisan bentuk dari perjuangan? Jangan salah guys, salah satu bentuk perjuangan di jaman penjajahan dulu melalui tulisan, melalui sastra. Bahkan tulisan menjadi senjata yang efektif, loh.

Bagi kalian yang ingin menulis opini, seruan, atau bahkan puisi yang membangkitkan semangat perjuangan, kalian bisa memasukannya ke blog. Kenapa harus pakai blog? Ya, karena sekarang blog menjadi media yang siapapun bisa memilikinya, bisa berekspresi dengan bebas, dan media paling tepat untuk menghasilkan karya.

Jika kalian yang berdomisili di Banjarmasin atau sekitaran Kalimantan Selatan yang ingin lebih mengenal blog atau menambah wawasan dan temang nge-blog, kalian bisa bergabung dengan anak-anak blogger Banjarmasin.

Jika kalian masih bingung bagaimana menulis blog yang kekinian, kalian bisa melihat website karya anak banua sebagai referensi.


Sekian dulu deh daripada kepanjangan. Kesimpulannya, kita sebagai rakyat Indonesia terutama sebagai pemuda bangsa ini harus terus berjuang dengan kreatifitasan yang dimiliki. Kreatifitas dalam bentuk apapun yang mampu menyerukan pergerakan pembaruan, salah satunya melalui tulisan.
Semoga HUT RI ke-72 ini bukan hanya seremonial saja melainkan titik balik Indonesia menuju kejayaan, kemajuan, dan kesejahteraan rakyat Indonesia.

MERDEKA!!



-H2O-





You Might Also Like

2 comments

  1. Sebagai desainer amatiran, hal yang paling aku ditunggu-tunggu pas hari kemerdekaan tidak lain dan tidak bukan adalah "logo" hahahha :D Untuk logo yang sekarang aku rasa pemerintah sudah melek akan pentingnya kaidah suatu logo. Semoga untuk logo ke 73, 74, 75, dst. Bisa lebih oke lagi dari tahun ini yang menurutku sudah sangat amat perfect!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sih, logo yang tahun ini terlihat lebih keren dari yang biasanya, hahhaha. Kalau bisa tahun depan alam membuat desain logo HUT versi indie, hahaha.

      Delete