GUNDAM BUKAN MAINAN

October 04, 2016



Gundam. Iya, Gundam. Atau biasa orang menyebutnya dengan Gunpla (Gundam Plastic Model). Entah kenapa tiba-tiba saja ingin menulis tentang Gundam. Jujur, saya bukan pecinta Gundam, tidak pernah menonton animenya, dan juga bukan pengoleksi Gundam. Lalu kenapa menulis Gundam? Ah, entahlah. Saya pun tak sadar juga. Tapi karena sudah terlanjur menulis Gundam pada kata awal, jadi ya sudah, diteruskan sajalah.

 

Saya selalu merasa betapa tidak pentingnya Gundam itu, seperti beberapa teman saya yang sangat menyukai bahkan menggilai Gundam sampai-sampai membeli banyak jenis Gundam untuk dikoleksi. Menurut saya itu tidak penting, mungkin itu hobi, tapi dimana sisi pentingnya? Dibeli, lalu dirakit, dan pada akhirnya dipajang saja, tidak dimainkan ataupun sekedar disapa oleh pemiliknya. Jika pun nantinya akan dijual, toh akan dengan sangat berat hati menjualnya. Mungkin jika Gundam itu masuk ke film Toy Story dia akan merasa sedih. *cukuplebaymemang
Salah satu teman saya yang bernama Beta, sangat menggilai Gundam bahkan sampai membeli yang harganya berjuta-juta. Heran saya uang cuma buat lahirin Gundam. Mending uangnya buat lahiran anak, Bet. *ups keceplosan.
Namanya Beta?? Tidak salah??
Ya begitulah nama dia, Beta. Jujur saya juga heran saat pertama kali bertemu dengan dia saat kopdar Pena Blogger Banua. Bahkan saya pikir sosok bernama Beta itu seperti orang Timur kebanyakan. Ya ‘kan beta artinya saya/aku/ulun kalau di bagian Timur sana. Saya juga berpikir jangan-jangan Beta ini yang dulunya menjadi bintang iklan “Sumber Air Sudekat” itu. Ternyata bukan, sob.
Ok skip-skip masalah nama Beta, karena tidak akan pernah ada solusinya. Meskipun begitu, Beta itu sangat cinta dan ahli dalam hal per-Gundam-an, jadi bagi kalian yang ingin belajar Gundam lebih lanjut, jadi ahli rakit Gundam, sampai cara menyimpan dan merawat Gundam dengan baik, silahkan hubungi beliau saja. #sungkemdenganbeta
Karena sudah terlanjur membahas Gundam, berikut 5 fakta tentang Gundam versi saya: *harapjanganprotes

1. Gundam Banyak Jenisnya

Tuh banyak 'kan jenisnya. Sumber: betasmind.com

Sama halnya dengan tumbuhan, Gundam pun juga memiliki beberapa jenis dan varietas yang harus diketahui oleh orang awam. Kenapa harus tahu? Ya biar tidak terlalu banyak bertanya kalau lihat macam-macam bentuk Gundam. Biasanya Gundam itu terdiri dari jenis High Grade (HG), Real Grade (RG), Master Grade (MG), Perfect Grade (PG), dan Super Deformed (SD). Kalian cari tahu sendiri sajalah apa perbedaan mereka semua, karena saya bukan pecinta Gundam.

2. Gundam Bukan Mainan

Bikin posenya saja harus pelan-pelan. Jepretan: @irpanjar

Meskipun terbuat dari bahan plastik dan kecil, tapi Gundam bukanlah mainan. Melainkan sebuah action figure. Kenapa? Ya karena Gundam bukan untuk dimainkan. Bayangkan saja, Gundam yang capek-capek selesai dirakit terus dimainkan apalagi sampai berkelahi dengan Gundam lainnya, ‘kan jadi berantakan, dirakit lagi. Karena Gundam bukan mainan, artinya Gundam memiliki fungsi lain selain action figure, yaitu hiasan kamar. Jadi bagi kalian yang awam tentang Gundam, kalau ketemu Gundam di rumah teman kalian, harap jangan dimainkan karena capek, bro merakitnya.

3. Gundam Bukan Robot-Robotan

Gundam bukan robot yang ada tombol jika ditekan keluar suara dan tidak bisa jalan sendiri. Jepretan: @irpanjar

Meskipun Gundam berbentuk robot, ya memang robot sih, tapi sebenarnya Gundam bukanlah robot-robotan. Kebanyakan yang salah mengartikan itu biasanya para cewek, jadi untuk para cewek, kalian harus tahu bahwa Gundam itu bukan robot-robotan. Gundam itu action figure yang berbentuk robot! Ingat itu!

4. Gundam Selalu Ada di Acara Festival Jepang

Di setiap acara festival Jepang banyak tersedia Gundam berbagai macam jenis. Jepretan: Ricky Sunardi

Mau bagaimanapun bentuk acara festival Jepangnya, bisa dipastikan selalu ada penjual Gundam. Bagi kalian yang mau mulai mengoleksi barang tidak penting itu bisa kalian cari di setiap acara festival Jepang. Bahkan di sana juga akan datang para pecinta Gundam, jadi kalian bisa bertanya-tanya seputar Gundam.

5 Membuat Cosplay Gundam Itu Susah dan Berat

Yang minta foto bareng ketawa, yang di dalam kostum Gundam nahan panas dan keberatan. Sumber: Foto Sendiri

Jika kalian pernah ke acara festival Jepang, salah satunya Festival Kinyoru Matsuri yang pernah saya datangi, kalian akan melihat banyak sekali cosplay-cosplay bertebaran. Salah satu cosplay yang mencuri perhatian kehadirannya adalah cosplay Gundam. Cosplay yang paling besar di antara yang lainnya. Nah, jika kalian bertemu dengan cosplay Gundam, sebaiknya jangan minta foto saja tapi kalian juga harus membantu mereka. Bukan apa-apa, karena kostum Gundamnya terbuat dari kayu, sob. Kebayang ‘kan bagaimana beratnya, apalagi kalau cosplayer-nya sambil jalan-jalan. Pulang dari acara langsung kekar tuh badan.


Itulah guys 5 fakta tentang Gundam, yang sebenarnya tidak penting-penting banget untuk diketahui. Mungkin saya juga khilaf kenapa menulis ini, mungkin juga otak dan jari-jari sedang tidak sinkron. Meski tidak penting menurut saya, tapi yang begitulah Gundam, sudah memiliki fanbase yang sangat banyak di dunia ini bahkan terus bertambah. Meski tidak penting menurut saya, Gundam sudah menghiasi layar kaca dan masa kecil kita dari tahun 90an.
Dan Gundam akan tetap jadi robot yang tidak bisa dimainkan.



-H2O-


Thanks To:
@andriecallista yang sudah meminjamkan Gundamnya
@irpanjar yang rela meluangkan waktunya
Ricky Sunardi yang mengijinkan fotonya dipajang

You Might Also Like

2 komentar

  1. Meminjam kata-kata suhu di dunia blog "ulun ini masih nubi di dunia gunpla"...

    Biar gak disebut mainan, tiap koleksi di rumah dikasih akta kelahiran..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Serius ada akta kelahirannya?? Hahahaha. Memang luar biasa Bung Beta ni *hormattundukkepala

      Delete