5 HAL TIDAK ENAKNYA NAIK PESAWAT

September 30, 2016



Sekarang ini untuk cepat sampai bepergian kebanyakan orang akan menaiki transportasi pesawat, ditambah banyaknya tiket penerbangan murah yang disediakan oleh beberapa maskapai penerbangan. Selain banyaknya tiket murah, pesawat terbang juga sangat mempersingkat waktu perjalanan ke tujuan jika dibandingkan dengan mode transportasi lainnya. Dan naik pesawat juga nyaman sekali, karena semua hal yang berhubungan dengan perjalanan kita akan dilayani oleh petugas atau pramugari. Tapi padahal naik pesawat juga ada tidak enaknya.




Saat menggunakan transportasi pesawat, kita akan terlayani oleh petugas baik dari bagasi barang sampai keperluan kita di dalam pesawat. Sudah ada petugas yang akan ‘menyusun’ barang-barang ke dalam pesawat, bahkan saat di dalam pesawat sekalipun para pramugari akan membantu saat para penumpang memerlukan sesuatu. Siapa coba yang tidak ingin dilayani selama perjalanan? Perlu makanan, akan disediakan oleh pramugari. Kesulitan membawa banyak tas, tenang saja kalian akan dibantu petugas bandara untuk memasukan ke bagasi pesawat. Bahkan di dalam pesawat juga disediakan toilet, tuh sebegitu perhatiannya petugas penerbangan dengan para penumpang.

Jadi pesawat saat ini menjadi salah satu mode transportasi yang paling nyaman, tetapi meskipun paling nyaman ternyata juga ada tidak enaknya naik pesawat. Loh?? Kok naik pesawat tidak enak sih?

Iya, naik pesawat juga ada tidak enaknya. Selain ada maskapai yang sering delay, kebanyakan orang merasa tidak nyaman pada saat landing, dikarenakan getaran pada pesawat. Tidak hanya itu saja, beberapa hal tidak enak ada di bawah ini.

Berdasarkan pengalaman pribadi, inilah 5 hal tidak enaknya naik pesawat:

1. Tidak bisa menegur pilot

 

Kalau kita naik mobil atau lagi nebeng sama teman naik sepeda motor, kita bisa menegur supirnya supaya hati-hati, apalagi kalau ada lubang. Misal lagi nebeng di mobil teman, “Bro jangan ngebut dong! Bahaya tau.” Atau lagi naik ojek, “Bang, awas bang ada lubang!”

Nah, saat naik pesawat kalian tidak akan pernah bisa menegur pilot kalau pesawat jalannya ngebut, atau misalnya ada awan Cumulonimbus kita tidak bisa teriak atau ngasih tahu pilot untuk menghindarinya. Misal, “Pak Pilot putar setir ke kanan ada awan Cumulonimbus, tuh!!” Tidak akan pernah bisa kayak gitu.

Itulah kenapa penumpang pesawat itu bisa dikatakan pasrah selama penerbangan.

2. Naik pesawat itu keren di atas awan, tapi tidak bisa keluarin kepala di jendela

 

Jaman dahulu kalau ada tetangga yang sudah pernah naik pesawat pasti dibilang keren, sampai sekarang juga gitu sih. Tapi sayangnya, sekeren-kerennya naik pesawat tetap tidak sekeren naik mobil yang bisa keluarin kepala dari jendela buat lihat jalan. Karena jendela di kursi penumpang tidak bisa dibuka, kecuali dipecah dulu.

3. Tidak bisa check in di Path atau upload foto

 

Kebiasaan orang Indonesia sekarang salah satunya selalu check in tempat di Path beserta fotonya saat di mana saja. Tapi saat di dalam pesawat, kalian tidak akan bisa melakukan itu. Karena sesuai peraturan penerbangan sipil, segala barang elektronik yang memancarkan atau menggunakan gelombang radio atau sinyal harus dimatikan saat pesawat hendak take off. Tujuannya jelas untuk keselamatan semua penumpang, karena sinyal dari handphone sangat mengganggu sistem navigasi dan komunikasi penerbangan.
 
Minimal handphone harus dalam keadaan Mode Pesawat, tapi alangkah baiknya dimatikan saja. Itulah sekeren-kerennya naik pesawat, tetap tidak bisa eksis di media sosial saat di atas awan.
Ingat! Utamakan keselamatan bersama, jangan egois untuk keeksisan diri sendiri saja, ya.

4. Tidak bisa teriak, “Kiri Bang!”

 

Saat naik pesawat kalian tidak akan pernah bisa teriak, “Kiri Bang!” ke pilot sambil ngetuk-ngetuk atap pesawat. Kalau kalian terbiasa naik angkot atau bus metro mini pasti kebiasaan teriak, “Kiri Bang!” sudah menjadi bagian dari hidup.

Ya iyalah kalian tidak bisa teriak, “Kiri Bang!” ke pilot. Kalian mau turun di mana coba?! Turun di awan? Atau kalian pikir di atas sana ada pulau langit Skypiea kayak di One Piece?

Jadi, tolong bagi kalian yang terbiasa teriak, “Kiri Bang!” jangan dibawa-bawa saat di dalam pesawat, ya meskipun ada yang kurang dalam hidup kalian tapi tolong jangan teriakan itu.

Sekali lagi ingat jangan teriak, “Kiri Bang!” karena yang nyetir pesawat bukan abang-abang sopir, jadi kalian teriak aja, “Kiri Lot!” mungkin aja pilotnya dengar terus nurunin kalian di awan.

5. Selama perjalanan tidak ada nyanyian yang menemani

 

Salah satu kekurangan di pesawat tidak adanya lagu yang dimainkan selama perjalanan. Meskipun ada maskapai tertentu dengan kelas penerbangan tertentu yang menyediakan lagu bahkan bisa menonton film. Tapi maskapai dengan kelas ekonomi biasanya tidak ada lagu yang disediakan pesawat. Ada sih lagu-lagu sentimental, tapi hanya dimainkan sebelum take off dan saat sampai di terminal bandara. Jadi selama perjalanan kalian hanya mendengar deru mesin pesawat, atau kalaupun ingin mendengar lagu harus melalui mp3 player tanpa sinyal atau handphone dalam keadaan mode pesawat.

Inilah kurangnya pelayanan pesawat, padahal jika ada pengamen, maka selama perjalanan tidak akan terasa sunyi. Tentu dengan lagu-lagu khas pengamen Indonesia, bisa juga pakai ukulele atau kecrekan musiknya, ‘kan lebih asik tuh.

Gimana caranya pengamen masuk pesawat? ‘Kan pengamen biasanya temenan sama kernet, ya ‘kan? :D :D



Itulah 5 hal tidak enaknya naik pesawat versi absurd dari pengalaman saya beberapa kali naik pesawat. Poin pentingnya sih, supaya maskapai-maskapai penerbangan lebih mengutamakan kenyamanan dan hak penumpang, jangan sampai ditelantarkan berjam-jam di bandara.

Share juga dong apa tidak enaknya naik pesawat dari pengalaman kalian, guys.
Xie Xie :)

-H2O-


Sumber Foto :
pixabay.com
youtube.com
kompasiana.com
kaskus.co.id

You Might Also Like

4 comments

  1. Tidak enaknya ulun belum pernah naik pesawat ka :D

    Berarti solusinya kalo mau eksis, foto aja dulu habis sampai baru upload wkkwkwkk

    Pinanya menegur pilot rasa kd memungkinkan, krna jarak antara dduk dn pilot pina jauh jua :D *dikira-kira aja sih*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekali-kali cobai fat naik pesawat :D

      Ya memang tidak memungkinkan menegur pilot, makanya penumpang tidak bisa menegur pilot. Tapi kalau duduk di kursi nomor 1 dekat pintu, dekat dengan pilot, Fat. :D

      Delete