MISKIN KARENA

April 21, 2015



Kenapa kita miskin? Itulah pertanyaan dari setiap jiwa manusia Indonesia. Kita terkadang berpikir apa salah kita sehingga kita menjadi miskin. Padahal setiap rakyat Indonesia sudah bekerja siang malam lalu kenapa tetap miskin juga?

Dari berbagai sumber, saya dapat menyimpulkan secara umum 3 hal kenapa kita miskin :

1. Karena dahulu kita dijajah.

Jika ingin menyalahkan, salahkanlah negara yang telah menjajah tanah ini, Belanda, Inggris, dan Jepang. Mereka yang membuat kita hanya menjadi 1/4 dari manusia seutuhnya. Merekalah awal yang membuat kita jatuh ke lubang yang bernama kemiskinan.

2. Pendidikan tidak merata.

Memang sudah dari jaman kolonialisme hanya anak bangsawan, anak priyayi yang bisa bersekolah, sedangkan sisanya tidak sekolah. Begitu juga sekarang, hanya mereka yang mampu saja yang bisa merasakan indahnya pendidikan, yang miskin ’tidak boleh sekolah’. Selama pendidikan belum merata di seluruh penjuru Indonesia, kesejahteraan dan lepas dari kemiskinan hanya dongeng tidur semata. Pendidikan itu penting.

3. Kita kembali dijajah.

Entah kita sadar atau pura-pura tidak sadar, sekarang kita sedang dijajah oleh negara yang ada di Benua Amerika sana. Kita sebagai tuan tanah sendiri tidak bisa berbuat apa-apa, kita menjadi sapi perah, sedangkan mereka yang tamu seenaknya di sini. Hasil alam Indonesia itu bisa menghidupi Eropa sampai dengan Amerika, begitulah yang dikatakan H. O. S Tjokroaminoto. Dan entah kita terlalu bodoh atau polos mau saja dijajah kembali.

Itulah 3 hal yang menurut saya kenapa kita miskin di tanah sendiri yang kaya. Atau mungkin karena kita masih berada di depan pintu gerbang kemerdekaan, belum masuk ke gerbang kemerdekaan sehingga kita miskin.




-H2O-

You Might Also Like

8 comments

  1. Dari dulu kita dijajah .... kita dijajah dari dulu ....

    ReplyDelete
  2. hujun hen. Hiks... bagianya sudah memerah keperawanan ku hiks.

    Apa kita musti menjajah balik? atau kita harus menguasai dunia lewat misi rahasia kita? *evil lol*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apa sih, Dit? bahasa terlalu vulgar.. hahha
      Saya lebih setuju dengan misi rahasia kita, dan sebaiknya itu dilakukan secepatnya. Untuk menyelematkan manusia. Hahahha


      -H2O-

      Delete
  3. Kasian banget deh Indonesia sekarang. Apalah daya pemerintah tiep disinggung soal ini banyakan diemnya, takut perang lagi. Da Indonesia mah apa atuh. :( Hehe. Salam kenal ya. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itulah "indahnya" Indonesia sekarang, cinta damai. Bahkan dijajah lagi aja tetap damai..
      Salam kenal juga Deva. :)

      -H2O-

      Delete
  4. Karena banyak malasnya, trus selalu nuntut! Wkwkwk :P

    ReplyDelete