BANGSA BESAR MENGHARGAI SEJARAHNYA

February 17, 2010

Bunga Karno pernah berkata, “Bangsa yang besar adalah bangsa yang tidak pernah melupakan sejarah bangsanya sendiri.” Indonesia merupakan negara yang memiliki banyak sekali sejarah, dari zaman pra-sejarah hingga zaman reformasi sekarang.
Sejarah memiliki nilai yang sangat penting dan berharga di kehidupan masa depan, karena anak cucu kita nanti akan mengetahui bagaimana bangsa ini berdiri, bagaimana perjuangan untuk mempertahankan bangsa ini, dan bagaimana kehidupan masyarakatnya.
Apabila sejarah itu kita musnahkan atau kita hilngkan maka generasi masa depan tidak akan merasa bangsa ini miliknya, mereka tidak akan merasakan bagaimana perjuangan phlawan-pahlawan kita, dan yang lebih parahnya mereka tidak akan menghargai bangsanya sehingga tidak menutup kemungkinan generasi masa depan tidak memiliki nasionalisme lagi pada bangsa ini.

Seharusnya Indonesia belajar dari negara-negara memiliki luas geografis lebih kecil tetapi mereka bisa lebih maju daripada Indonesia, diantaranya negara tetangga Indonesia yang sangat dekat yaitu Singapura.
Singapura merupakan negara yang sangat kecil daerahnya tapi mereka bisa membuat Negara itu menjadi negara yang maju dan besar. Kenapa, salah satunya karena mereka tetap melestarikan peninggalan kebudayaan dan peninggalan sejarah mereka. Gedung-gedung bekas peninggalan Inggris tetap mereka jaga meskipun fungsinya berubah seperti awal di bangun.

Singapura juga terus melakukan pembangunan, tapi dalam pembangunan itu mereka tetap melestarikan budaya mereka di balik kemodernan itu. Oleh karena itu Singapura menjadi salah satu Negara maju.

Tidak jauh berbeda dengan Singapura, Korea Selatan pun juga demikian. Mereka tetap mempertahankan sejarahnya, walaupun peninggalan sejarah itu sudah banyak yang mengalami kelapukan tetapi mereka terus melakukan renovasi yang tetap mempertahankan keaslian bangunan itu. Saking cintanya dan menghargainya dengan sejarahnya Korea Selatan terus melakukan perbaikan pada istana-istana peninggalan dahulu sehingga seolah-olah kerajaan itu masih berdiri seperti dulu kala.

Tidak hanya istana yang mereka pertahankan, benteng-benteng yang mereka gunakan dulu pun tetap mereka pertahankan sebagai aset negaranya.

Berdasarkan tulisan di atas, saya bukan bermaksud untuk meninggikan negara lain atau menanggap Indonesia negara yang lemah, tetapi saya ingin Indonesia sadar betapa pentingnya nilai sejarah itu bagi suatu bangsa. Indonesia adalah negara yang besar dan negara yang kaya.

Saya hanya ingin anak cucu kita nantinya tetap menghargai bangsa ini dan mengetahui bagaimana sejarah bangsa Indonesia dulunya sehingga mereka sadar betapa hebatnya negara ini. Dan mereka akan tetap menjaga peninggalan negara ini seperti yang dilakukan para pahlawan-pahlawan kita.

Saya sungguh sangat kecewa melihat pemerintah menyingkirkan peninggalan sejarah kita hanya untuk melakukan pembangunan yang modern dan keserakahan para pengusaha. Apakah pemerintah malu kalau ada bangunan tua di tengah kota ? Apakah bangunan peninggalan sejarah membuat kota menjadi kumuh ? Ataukah negara menjadi rugai dengan adanya peninggalan sejarah ?

Hal itu bisa terjadi apabila bangunan itu tidak dirawat dengan benar, seharusnya pemerintah terus melakukan renovasi pada bangunan bersejarah sehingga bangunan-bangunan sejarah itu dapat menjadi objek wisata dan pembelajaran bagi masyarakatnya.
Saya sangat bangga menjadi warga negara Indonesia, karena negara ini memiliki sejarah yang sangat berlimpah tetapi saya akan lebih bangga lagi apabila peninggalan-peninggalan sejarah yang ada lebih diperhatikan dan dilestarikan bukan hanya yang terkenal dan di ibukota saja tetapi di seluruh daerah di Indonesia.

JADILAH BANGSA YANG MENGHARGAI SEJARAH BANGSANYA

You Might Also Like

7 comments

  1. contoh kongrit utk seorang mahasiswa spt anda apa agar bs juga menghargai sejarah bangsa ini ? next time, tambahkan juga donkk ditulisan, wujud nyata sikap2 positif dr sisi mahasiswa....

    ReplyDelete
  2. Bangsa yang kecil adalah bangsa yang menghargai kekecilannya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih Mas Agus Prasetyo sudah mampir :)

      Benar juga sih, bangsa yang kecil adalah bangsa yang menghargai kekecilannya.
      Tapi bangsa yang kecil (dalam arti sebenarnya) juga bisa menjadi bangsa yang besar. Mungkin contohnya negara Jepang. :D

      Delete
  3. Sangat setuju... tapi tentu nya sejarah yg sebenar nya.. tidak ada pembengkokan atau kebohongan..

    ReplyDelete
  4. Menyalin dari teks anda dibawah. Pertanyaan saya, Apakah anda tahu siapa penduduk asli Singapura itu?..

    " Singapura merupakan negara yang sangat kecil daerahnya tapi mereka bisa membuat Negara itu menjadi negara yang maju dan besar. Kenapa, salah satunya karena mereka tetap melestarikan peninggalan kebudayaan dan peninggalan sejarah mereka... "

    ReplyDelete