KEUNIKAN KALIMANTAN SELATAN

December 15, 2009




Kalimantan Selatan terkenal dengan seribu sungainya yang tersebar dimana-mana, baik sungai yang kecil maupun sungai yang besar sekalipun. Di Indonesia sedikit sekali daerah yang memiliki sungai yang mempesona seperti di Kal-Sel.

Di Kal-Sel terdapat 2 sungai besar dan terkenal yaitu, Sungai Barito dan Sungai Martapura. Mengapa saya katakan terkenal ? Karena di 2 sungai tersebut terdapat pasar yang sangat unik dan langka yaitu, Pasar Terapung Muara Kuin dan Pasar Terapung Lok Baintan. Pasar terapung juga menjadi ciri khas dari Kalimantan Selatan.

Selain Pasar Terapung, di Sungai Barito terdapat 2 pulau wisata yang sangat unik. Pulau tersebut bernama Pulau Kembang dan Pulau Kaget. Pulau Kembang dan Pulau Kaget merupakan pulau berpenghuni, namun penghuninya bukanlah manusia melainkan monyet.

Pulau Kembang sendiri dihuni oleh monyet biasa yang banyak tersebar di berbagai daerah Indonesia atau orang biasanya menyebut monyet tersebut dengan nama Monyet Sarimin yang sering digunakan untuk pertunjukan topeng monyet.

Berbeda dengan Pulau Kembang, Pulau Kaget memiliki kelebihan tersendiri karena Pulau Kaget adalah pulau yang dihuni oleh monyet yang sangat langka dan tidak ada di daerah lain bahkan di dunia yang hanya ada di Kal-Sel, nama monyet itu adalah Bekantan. Bekantan juga dijadikan maskot Kalimantan Selatan.


Walaupaun tidak begitu terkenal dibandingkan dengan Komodo, Bekantan telah membuat Kal-Sel menjadikan Provinsi dengan daya tarik tersendiri di Indonesia bahkan di Dunia.

Keunikan Kal-Sel yang lain adanya rumah sebagai tempat tinggal yang terapung di atas sungai. Rumah tersebut biasanya dikenal dengan nama Rumah Lanting. Bagi sebagian orang Indonesia rumah adalah hal yang sangat aneh dan tidak terpikirkan sebelumnya.

Sungai-sungai di Kal-Sel akan terlihat mempesona pada saat sore hari, karena pada waktu tersebut banyak orang yang menggunakan jukung (perahu sampan) untuk memancing di tengah sungai, sehingga secara tidak mereka sadari kegiatan tersebut membuat sebuah pola berjejer yang sangat indah dengan siraman sinar metahari sore yang mempesona.

You Might Also Like

0 comments