APAKAH KORUPSI INDONESIA = KORUPSI VOC

December 17, 2009

Kita semua pasti mengenal nama VOC. Ya, VOC adalah kongsi dagang dari pemerintahan Belanda di jaman penjajahan dulu.
Hancurnya VOC juga diiringi runtuhnya Kota Benteng Batavia, dan penyebab hancurnya VOC adalah banyaknya korupsi dalam tubuh VOC serta banyaknya para pejabat VOC yang memperkaya dirinya sendiri. Puncaknya dibuat sebuah UU yang isinya dimaksudkan agar para petinggi VOC memperlihatkan kekeayaan yang mereka dapat dari korupsi dengan membangaun bangunan-bangunan yang sangat mewah.
Dari situlah perekonomian Belanda mulai kritisakhirnya VOC dibubarkan dan bangunan-bangunan mewah yang dibangun oleh petinggi VOC diruntuhkan, Kota Benteng Batavia pun runtuh dan kemudian dipindahkan.
Bercermin dari peristiwa di atas, saat ini Indonesia sudah mendekati kejadian seperti hancurnya VOC di atas. Itu terlihat semakin banyaknya korupsi di mana-mana dan hasil korupsi tersebut digunakan untuk memperlihatkan kekayaanya. Sekarang ini tidak lagi berlomba-lomba mengabdi pada negara tetapi berlombalomba untuk korupsi.
Walaupun dampak pendeknya korupsi itu tidak begitu terlihat tetapi dampak jangka panjangnya sangat berbahaya untuk kelangsungan hidup Negara Indonesia
Maka dari itu saya pun bertanya, apakah korupsi Indonesia = korupsi VOC ? akankah pemerintahan Indonesia akan hancur seperti VOC ? apakah tuntuhnya Kota Benteng Batavia akan kembali terjadi ?
Hanya waktu yang dapat menjawabnya.

You Might Also Like

0 comments