UJIAN PRODUKTIF YANG MELELAHKAN

March 19, 2009

Ujian Peoduktif, ya itulah yang menjadikan tantangan dan kewajiban yang harus dihadapi dan dilewati oleh siswa SMK Bina Banua khususnya jurusan TKJ. Disebut melelahkan ? dikarenakan ujian yang dihadapi dilakukandalam empat hari dan di mulai pada tanggal 12 Maret 2009 dan berakhir pada tanggal 19 Maret 2009 serta sempat ditunda dua hari karena pengawas ujiannya tidak dapat datang ke sekolahan saya.
Yang diujikan diantaranya, merakit komputer, membuat kabel jaringan (UTP), menginstal Windows XP, menginstal Linux RedHat 9.0, serta mengkonfigurasi IP Address, DHCP dan DNS pada Linux RedHat.
Dan pada hari ini, Kamis 19 Maret 2009 saya dapat menyelesaikan semua ujian tersebut dengan keberhasilan yang sangat memuaskan. Atas keberhasilan ini saya ucapkan banyak-banyak terima kasih kepada Allah SWT., Guru-guru saya, Pembimbing di tempat magang, dan teman-teman saya yang telah men-support saya terutama kepada seseorang yang sangat istimewa yang telah membuat saya semangat dalam ujian tersebut. Dan salah satu yang membuat saya senang sekali adalah karena seseorang yang istimewa tersebut dapat menyelesaikan ujian tersebut walaupun tidak sempurna seutuhnya.
Di sini saya akan berbagai pengalaman dalam menghapdapi ujian produktif yang baru saja berakhir. Saat saya mulai dipanggil dan memasuki ruang ujian, yang ada di dalam pikiran saya hanyalah kosong tetapi tidak kosong sepenuhnya, maksudnya pikiran saya dikosongkan dari apapun yang dapat membuat gagal dalam ujian, salah satunya jangan berpikir ujian itu sulit atau berpikir kita tidak mampu unutk mnyelesaikannya, jadi buang jauh-jauh pikiran itu dan yang dipikirkan hanyalah pemahaman kita kepada ujian tersebut dan ingatkanlah perintah-perintah atau langkah-langkah yang akan dilakukan saat ujian tersebut. Serta kita juga harus siap mental dalam menghadapi para penguji yang mengawas dalam ruangan tersebut, dan juga jangan terbawa suasana yang tegang, bawa diri kita rileks namun pasti berhasil.
Sekian dulu sedikit pengalaman atau mungkin tips dari saya. Semoga di Uajian Akhir Nasional ini semua pelajar Indonesia dapat lulus dengan nilai yang memuaskan, terutama siswa-siswa SMK Bina Banua Banjarmasin.

You Might Also Like

1 comments

  1. jangan menyerah ya ! tetap semangat menghadapi ujian yang tinggal menghitung hari ! goodluck !

    ReplyDelete